SERTIFIKAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI


A. Mekanisme Sertifikasi

Peserta tes baik perseorangan ataupun kelompok dari sebuah institusi, dapat mendaftarkan diri di Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk melaksanakan ujian sertifikasi KKPI. Setelah mengikuti ujian sertifikasi dan dinyatakan berhasil menyelesaikan ujian modul dan ujian akhir, peserta akan memperoleh sertifikat yang diterbitkan oleh PPPPTK/VEDC Malang. Bersama sertifikat tersebut akan dilampirkan nilai yang diperoleh peserta dalam lembar yang terpisah sesuai dengan ketentuan pada setiap level. Sertifikat berlaku selama 3 tahun sejak tanggal diterbitkan dan bila telah habis masa berlakunya, dapat dilakukan sertifikasi ulang dengan menguji kembali peserta sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.



Mekanisme ujian modul KKPI:
  1. Peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian ke TUK
  2. Admin TUK menerima dan memasukkan data peserta ujian
  3. Admin TUK menyetujui dan membuat user account dan password bagi peserta ujian
  4. Peserta menerima user account dan password
  5. Peserta mengikuti ujian
  6. Asesor dan penguji mengawasi ujian
  7. Peserta menerima hasil ujian
  8. Admin TUK merekap dan melaporkan data dan hasil ujian peserta yang lulus/tidak ke pusat pengembang
  9. Admin Pusat menerima data dan hasil ujian peserta yang lulus/tidak
  10. Pusat pengembang mengeluarkan sertifikat bagi yang lulus

Sebagai catatan, asesor dan penguji boleh melakukan diklat KKPI tetapi tidak boleh menguji sendiri pesertanya. Peserta harus diuji oleh asesor dan penguji lain.

B. Jenjang sertifikasi KKPI

KKPI membagi tingkatan sertifikat menjadi 4 tingkatan, yaitu:
  1. Asesor, nilai minimal kelulusan 90
  2. Instruktur, nilai minimal kelulusan 80
  3. Siswa, nilai minimal kelulusan 70
  4. Entry level, nilai minimal kelulusan 70

Seorang asesor harus mengamati proses belajar serta pencapaian hasil belajar yang telah dilaksanakan oleh siswa, sedangkan seorang penguji hanya melihat hasil yang dicapai tanpa perlu mengetahui proses yang telah ditempuh oleh siswa. Proses serta pencapaian hasil belajar dapat dilihat dari lembar kerja (learning evidence) siswa.

C. Soal Ujian Sertifikasi KKPI

Soal ujian sertifikasi KKPI akan distandarkan oleh Pusat Pengembang KKPI sehingga kompetensi peserta ujian dapat terukur dan setara di seluruh wilayah Indonesia.

1. Jenis soal
i. Teori dan Praktek
Soal ujian terdiri dari teori dan praktik. Soal teori dilaksanakan pada setiap ujian modul dan ujian akhir, sedang ujian praktik dilaksanakan pada setiap modul.

ii. Online, Offline, Manual
Soal teori ujian teori akan disajikan dalam tiga bentuk yaitu :
  • Online : Peserta ujian mengakses soal ujian secara langsung ke server Pusat Pengembang KKPI
  • Offline : Peserta ujian mengakses soal ujian dari server lokal TUKR atau TUKL, hal ini dilaksanakan jika akses ke Pusat tidak memungkinkan
  • Manual : Soal ujian disajikan dalam bentuk manual (hard copy), hal ini dilaksanakan jika daring atau luring tidak memungkinkan
2. Bank soal
Soal yang terkumpul dan telah dinyatakan valid oleh tim validasi soal akan disimpan pada bank soal. Bank soal tersebut akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Soal yang akan dikembangkan yaitu :
  • Soal ujian teori/modul
  • Soal ujian praktik/modul
  • Soal ujian akhir

D. Aspek Penilaian Ujian Sertifikasi KKPI

Dalam pelaksanaan ujian sertifikasi KKPI, terdapat perbedaan kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap jenjang, yaitu :
  1. Asesor
    Untuk mendapatkan sertifikat asesor, peserta harus mengikuti dan menyelesaikan ujian modul (teori dan praktik), ujian akhir, ujian praktek mengajar, pengembangan modul, pengembangan bank soal. Semua kegiatan itu harus dilaksanakan dalam waktu 60 jam secara berurutan selama 6 hari.
  2. Instruktur
    Untuk mendapatkan sertifikasi KKPI sebagai instruktur/guru, peserta harus menyelesaikan ujian modul (teori dan praktek) , ujian akhir dan ujian praktek mengajar. Semua kegiatan itu harus diselesaikan dalam waktu 60 jam secara berurutan selama 6 hari.
  3. Siswa
    Untuk mendapatkan sertifikasi KKPI, seorang siswa harus menyelesaikan ujian modul (teori dan praktek) dan ujian akhir. Semua kegiatan itu harus diselesaikan dalam waktu 24 jam secara berurutan selama 3 hari.
  4. Entry level
    Untuk mendapatkan sertifikasi KKPI entry level, seorang peserta harus menyelesaikan ujian modul (teori dan praktek) dan ujian akhir. Semua kegiatan itu harus diselesaikan dalam waktu 24 jam secara berurutan selama 6 hari.


Level Asesor

Level Instruktur


Level Student


Entry Level